0812-2799-1111
Select Page

Sepeda motor RX King sudah memiliki reputasi belasan tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1981 di Indonesia. Performa dan akselerasi yang memuaskan menjadi fitur utama sepda motor besutan Yamaha ini. Saking populernya King, tidak sedikit pengguna sepeda motor ini yang melakukan berbagai modifikasi RX King. Modifikasi jelas mampu memberikan tampilan yang baru pada motor ini yang tentunya menjadi lebih bagus. Modifikasi tidak hanya ditujukan pada motor RX King keluaran tahun 2000-an tetapi juga pada motor King keluaran lawas sekitar yakni tahun 1980 dan 1990an. Nah, modifikasi ternyata tidak hanya mempercantik tampilan motor legendaris ini tetapi juga menambah harga jualnya. Tidak jarang modifikasi motor King membuat motor ini laku dijual hingga puluhan juta rupiah. Bahkan beberapa motor King dapat dijual hingga lebih dari 50 juta rupiah. Angka yang cukup fantastis mengingat umur motor ini yang sudah tidak muda lagi. Bisa jadi, RX King sekarang sudah dikategorikan sebagai salah satu kendaraan antik dan bersanding dengan kendaraan antik lain.

Modifikasi RX King Berbagai Variasi

[img type=”squre” responsive=”true”]  variasi rx king[/img]

Menyinggung soal modifikasi RX King maka banyak sekali pilihan yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan modifikasi tampilan luar dengan mengkombinasikan warna hitam dan merah. Modifikasi ini juga sedikit merubah tutup tangki bahan bakar dengan menggunakan bentuk unik yakni mahkota. Penambahan detail ini tidak lain untuk mempercantik tampilan luar motor. Menginjak ke bagian belakang, roda belakang motor ini juga dimodifikasi. Lebih tepatnya roda belakang diganti dengan ban yang berukuran lebih besar dan ditopang dengan pelek yang memiliki ukuran 110 cm. Sedangkan untuk pelek bagian depan berukuran lebih kecil yakni hanya 100 cm saja. Sebenarnya, ukuran pelek tersebut terbilang standar namun ukuran ban yang memang lebih dari rata-rata.

Variasi modifikasi motor King yang lain adalah dengan memodifikasi bagian kaki-kaki motor dengan menggantinya dengan kaki lain yang lebih besar misalnya kaki motor yang berasal dari Yamaha Byson. Kaki yang lebih besar ini dipilih agar bisa menopang ban baru yang juga berukuran lebih besar dari standar. Tidak hanya itu, bagian shock breaker dari motor ini juga diganti baru yakni shock breaker bermerk YSS. Pemilik RX King juga melakukan modifikasi lain pada bagian karburator yang mendapat tambahan aksesoris dengan tema tengkorak yang unik. Seperti kebanyakan modifikasi RX King yang lain, pada modifikasi kali ini juga dilakukan penggantian pelek ban dengan pelek baru yang berukuran lebih besar.

Khusus memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, salah seorang pemilik RX King melakukan modifikasi yang terbilang unik. Modifikasi King ini dilakukan dengan mengecat bodi RX King dengan 3 warna berbeda, yakni merah dan putih sebagai warna dominan dan ditambahkan dengan warna hitam. Hasil modifikasi ini memang terlihat sederhana namun tetap menarik. Bagian roda ban ini juga mengalami modifikasi dengan mengganti velg standar menjadi velg racing yang secara otomatis membuat tampilan motor jauh lebih keren. Sang pemilik memutuskan untuk memberi warna merah pada bagian mesin sedangkan warna putih ditambahkan pada bagian tangki untuk menciptakan kombinasi warna yang menarik. Sayap bagian depan motor ini juga tidak luput dari modifikasi dengan diberi aksen cat kombinasi warna merah, putih dan biru.

Di tempat yang lain, salah seorang pemilik RX King juga melakukan modifikasi King terbaru yang unik. Perubahan yang terlihat paling jelas adalah pada bagian sadelnya yang sengaja dibuat memanjang dan menarik ke atas. Modifikasi ini dirasa sangat pas untuk membuat motor terlihat garang dan menantang. Dan, untuk soal warna, terdapat berbagai pilihan yang berbeda. Namun, dengan bentuk sadel yang garang seperti itu, warna yang tepat adalah yang cenderung gelap dan tajam bukan warna-warna cerah.

Lain halnya apabila Anda suka dengan segala hal yang terlihat segar, maka warna cat yang tepat untuk bodi RX King adalah warna-warna cerah misalnya kuning, hijau, biru, orange, dan berbagai warna cerah yang lain. Warna seperti ini cocok jika dipadukan dengan desain gambar pada bodi yang cenderung bernuansa alami misalnya bunga, daun dan gambar-gambar serupa.

Modifikasi lain yang juga kerap dilakukan adalah merubah atau mengganti knalpot. Bentuk knalpot pengganti yang paling banyak dipilih adalah knalpot yang berbentuk seperti terompet. Knalpot ini jelas bisa memberikan tampilan yang sangat berbeda pada motor ini. Selain itu, knalpot ini juga membuat suara yang berbeda dari biasanya sehingga terdengar sangat khas. Namun, knalpot seperti ini membutuhkan perawatan yang lebih rumit untuk memastikan bahwa knalpot tersebut tidak tersumbat. Sehingga, ada baiknya untuk melakukan servis rutin tiap bulan untuk menjaga performa motor King Anda.

Modifikasi Motor RX King Teknik Airbrush

[img type=”squre” responsive=”true”]modifikasi-motor-rx-king[/img]

Tahukah Anda tren modifikasi motor terbaru yang sedang banyak digandrungi oleh anak muda sekarang? Adalah teknik airbrush yang sekarang tengah menjadi idola banyak orang. Tidak salah memang jika Airbrush ini banyak disukai karena memang mampu memberikan penampilan yang sangat berbeda pada setiap motor termasuk RX King. Anda mungkin bertanya-tanya apa itu airbrush? Pada dasanya airbrush adalah sebuah teknik pengecatan pada sebuah bidang dengan menggunakan alat semprot khusus.

Yang paling menarik dari airbrush adalah bahwa teknik pengecatan ini memungkinkan setiap orang untuk menggambar berbagai bentuk mulai dari yang abstrak hingga yang rumit sekalipun. Airbrush juga bisa menghasilkan perpaduan warna yang sangat cantik. Tidak hanya itu, airbrush juga menjamin hasil yang lebih tahan lama jika dibandingkan dengan teknik pengecatan yang lain. Untuk motor RX King yang punya bodi eksterior yang cukup luas jika dibandingkan dengan motor lain, maka mengecat bodi motor ini dengan airbrush menjadi keputusan yang tepat. Hal ini memungkinkan Anda dan pemilik motor King lain untuk menciptakan desain airbrush yang paling unik. Bahkan, Anda juga bisa menciptakan desain airbrush 3D untuk membuat efek yang lebih nyata.

Jika Anda mengaplikasikan pada motor RX King Cobra (baca King Cobra) dan RX Spesial (baca RX Spesial) maka Anda dijamin akan puas dengan hasilnya. Apalagi jika motor tersebut juga masih mempunyai performa mesin yang layak dan memuaskan. Nah, untuk mengaplikasikan teknik airbrush ini, Anda juga bisa meminta bantuan pada ahlinya jika Anda tidak memiliki skill yang diperlukan. Untuk biaya yang harus Anda keluarkan biasanya berkisar 300 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dari kerumitan desain gambar airbrush tersebut. Dibutuhkan waktu setidaknya 5 hari untuk menyelesaikan satu desain airbrush. Meskipun bagi beberapa orang ahli, cukup dibutuhkan waktu dua hari saja untuk menyelesaikan satu desain sederhana. Sebaiknya Anda tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan modifikasi motor RX King agar hasil yang didapat lebih maksimal.