0812-2799-1111
Select Page

Anda penggemar RX King? Jangan ngaku penggemar kalau Anda belum mengetahui perbedaan RX King Cobra dan RX King Master. Kedua motor ini memang mirip namun bukan berarti tidak punya perbedaan. Diluncurkan pada waktu yang berbeda, kedua motor ini masing-masing mewakili generasi RX King yang berbeda. RX King sendiri bukan pendatang baru di dunia otomotif di tanah air. Bahkan sebelum namanya resmi menjadi RX King, motor ini telah hadir di tanah air sejak tahun 1978 dengan nama RX. Mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat di tanah air, Jepang kemudian meluncurkan RX King generasi pertama pada tahun 1983 yang kerap dikenal sebagai RX King Cobra. King Cobra mendapat sambutan yang luar biasa terbukti dari hasil catatan penjualannya yang fantastis. Motor ini segera jadi idola pengguna kendaraan bermotor di perkotaan ataupun pedesaan. Salah satu fitur yang membuat motor ini laris di pasaran adalah performa mesinnya yang luar biasa. Bahkan, King Cobra tercatat sebagai motor 2 tak paling kencang pada waktu itu.

Setelah lebih dari 10 tahun mewarnai pasar kendaraan bermotor di tanah air, RX King Master tampil menggantikan King Cobra sebagai generasi selanjutnya. King Master mulai resmi dijual pada tahun 1995 sebagai motor dua tak besutan Yamaha dan menampilan sejumlah fitur dan spesifikasi yang tidak mengecewakan. Dengan tampilan yang lebih modern, RX King Master mampu memikat banyak masyarakat dan mencatat angka penjualan yang juga tidak kalah fantastis.

Perbedaan RX King Cobra dan RX King Master juga terdapat pada kode mesin. Jika Cobra punya kode blok mesin baik Y1 ataupun Y2, maka RX King Master punya kode blok mesin Y1-74. Nah, yang unik adalah mesin untuk King Cobra didatangkan langsung dalam keadaan built up dari Jepang. Hal inilah yang membuat King Cobra paling banyak diminati karena mesinnya dibuat di Jepang langsung dan dipercaya lebih berperforma dibandingkan mesin RX King generasi yang lain. Semenjak generasi kedua yakni tepatnya RX King Master, mesin tidak lagi dirakit di Jepang melainkan di Indonesia tepatnya Pulogadung. Sehingga sebagian orang menganggap bahwa mesin yang dibuat di Indonesia atas lisensi Jepang tidak sebagus kualitasnya seperti mesin King Cobra.
[img type=”squre” responsive=”true”]rx-king-master[/img]

Perbedaan RX King Cobra dan RX King Master: Detail Eksterior

Nah, sebelum mengupas lebih dalam soal perbedaan King Cobra dan King Master (baca RX Z) pada spesifikasi mesin, akan menarik jika mengupas detail eksteriornya terlebih dahulu.

RX King Cobra RX King Master
Lampu depan berbentuk kotak Lampu depan berbentuk kotak
Speedometer kotak Speedometer kotak
Sticker tangki dengan desain klasik Sticker tangki dengan desain sederhana
Footstep untuk pembonceng masih terletak di arm Footstep untuk pembonceng sudah terpisah dari foot arm
Desain bak kopling dan magnet yang mirip dengan RX – K Desain bak kopling dan magnet yang mirip dengan RX King Cobra

Perbedaan pada detail eksterior kedua motor tersebut memang tidak signifikan. Hal ini karena Yamaha memang sengaja ingin mempertahankan citra khas RX King untuk berbagai generasi RX King yang berbeda. Dengan begitu, akan mudah bagi masyarakat untuk mengenali motor RX King. Termasuk pada bentuk knalpot yang berbentuk khas dengan suara bising yang menjadi ciri unik dari motor 2 tak besutan Yamaha ini.

Perbedaan RX King Cobra dan RX King Master: Detail Spesifikasi Mesin

Berlanjut ke bagian dalam mesin RX King Cobra dan RX King Master, terdapat sebuah mesin 2 tak lengkap dengan sejumlah spesifikasi, sistem dan fitur andalan yang terbukti menjamin performa motor yang handal. Spesifikasi mesin RX King berbagai generasi memang tidak perlu dipertanyakan lagi karena mampu menghasilkan daya dan akselerasi yang luar biasa. Bahkan, saking cepatnya motor RX King waktu itu, motor ini dijuluki sebagai motor jambret mengingat banyak pelaku kejahatan yang menggunakan motor Yamaha ini ketika melancarkan aksinya. Motor ini jelas punya kecepatan dan akselerasi yang mengagumkan bahkan jauh lebih bagus dibandingkan rival-rivalnya.

RX King Cobra RX King Master
Mesin tipe 2 tak dengan sistem pendingin udara Mesin tipe 2 tak dengan sistem pendingin udara
Volume silinder mesin 132 cc Volume silinder mesin 132 cc
Kopling multiplat, basah dan manual Kopling multiplat, basah dan manual
Silinder terdiri dari 1 susunan miring Silinder terdiri dari 1 susunan miring
Transmisi manual dengan 5 percepatan Transmisi manual dengan 5 percepatan
Karburator berjenis VM 26 x 1 MIKUNI Karburator berjenis VM 26 x 1 MIKUNI
Kapasitas oli samping sebesar 1 liter Kapasitas oli samping sebesar 1 liter
Baterai yang digunakan berjenis GM 3-3B/12,3 Baterei yang disematkan pada mesin adalah GM 3-3B/12,3
CDI sebagai sistem pengapian Sistem pengapian menggunakan sistem CDI
Autolube sebagai sistem pelumas Sistem pelunas yang digunakan adalah Autolube
Suspensi depan tipe teleskopik Suspensi depan tipe teleskopik
Suspensi belakang tipe swing arm Suspensi belakang tipe swing arm
Kapasitas maksimal tangki bahan bakar sebesar 9.5 liter Kapasitas maksimal tangki bahan bakar sebesar 9.5 liter
Tipe rangka mesin double cradle Tipe rangka mesin double cradle
Sistem starter manual dengan kick Sistem starter manual dengan kick
Sistem pengereman depan menggunakan cakram piston tunggal Sistem pengereman depan menggunakan cakram tunggal piston
Sistem pengereman belakang menggunakan rem tromol Sistem pengereman belakang menggunakan rem tromol
Belum menggunakan YCLS atau Yamaha Computerized Lubrication System Sempat menggunakan YCLS atau Yamaha Computerized Lubrication System pada tahun 1995-1997
Kode blok mesin Y1 dan Y2 Kode blok mesin Y1-74

Tidak terlalu berbeda bukan spesifikasi mesin RX King Cobra dan RX King Master. Hal tersebut karena spesifikasi RX King Cobra sebagai generasi pertama sudah dianggap sangat handal dan tangguh sehingga dapat bertahan selama bertahun-tahun. Yamaha memutuskan untuk memperbarui tampilan luarnya saja agar terlihat lebih modern sesuai dengan perkembangan jaman. Jadi, jika Anda ingin mengkoleksi motor RX King, dengan dua pilihan tersebut maka tidak sulit untuk menjatuhkan pilihan. Jika Anda lebih suka motor dengan gaya klasik, maka RX King Cobra layak menjadi pilihan. Sebaliknya jika Anda menginginkan motor RX King dengan tampilan yang lebih modern maka RX King Master menjadi pilihan yang tepat.

Nah, Anda juga bisa melakukan berbagai modifikasi untuk mendapatkan tampilan dan spesifikasi yang diinginkan. Modifikasi yang paling lazim dilakukan adalah dengan memperbarui cat RX King dengan berbagai warna sesuai desain yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa mengganti beberapa  bagian mesin untuk meningkatkan performanya seperti knalpot. Banyak pemilik RX King yang mengganti knalpot motor mereka dengan knalpot yang dapat menghasilkan suara yang lebih bising. Jika Anda menginginkan hal yang serupa, Anda bisa melakukannya.