0812-2799-1111
Select Page

Tahukah Anda perbedaan RX King dengan RX King Cobra? Sekilas, kedua varian motor ini memang sulit dibedakan dan kenyataannya memang perbedaan diantaranya keduanya tidak terlalu signifikan. Kedua motor tersebut merupakan varian RX King besutan Yamaha pabrik kendaraan bermotor terkenal asal Jepang. Selama masa produksi lebih dari 20 tahun, RX King terdiri dari 4 generasi yang berbeda. Generasi pertama dikenal sebagai RX King Cobra yang diproduksi selama kurang lebih 8 tahun dari tahun 1983 hingga 1991. Sedangkan tiga generasi berikutnya mempunyai nama atau sebutan yang berbeda namun masih dengan embel-embel RX King.

Nah, jadi ketika kita coba mengulik perbedaan RX King dengan RX King Cobra, maka kita harus mengupas lebih dalam soal masing-masing generasi. Meskipun berbeda generasi, sebenarnya perbedaan diantaranya masing-masing generasi tidak terlalu signifikan barik dari segi penampilan ataupun performa mesin. Namun, bagi penggemar RX King sejati, perbedaan tersebut mempengaruhi tampilan dan performa motor.

[img type=”squre” responsive=”true”]

yamaha-rx-king[/img]

Perbedaan RX King dengan RX King Cobra: Tampilan Bodi

Sebagai generasi awal, RX King Cobra memang pantas jika disebut sebagai RX King dengan tampilan paling klasik dibandingkan dengan generasi-generasi sesudahnya (baca King Cobra vs Biasa). Mulai dipasarkan sejak tahun 1983, RX King Cobra langsung mendapat sambutan yang luar biasa dari pengguna sepeda motor 2 tak di tanah air. Tak pelak lagi hal dikarenakan performa mesin dan kecepatan motor King yang mengagumkan dibandingkan dengan motor 2 tak lain yang beredar di pasar tanah air kala itu.

King Cobra juga mempunyai desain bodi eksterior yang khas dan berbeda dari motor-motor lain. Adalah bentuk setangnya yang menginspirasi banyak orang untuk menyebut sepeda motor ini sebagai RX King Cobra. Setang yang berbentuk seperti leher ular kobra ini memang ciri khas King Cobra yang membuatnya istimewa. Bukan hanya terlihat unik tetapi bentuk setang ini juga ternyata memberikan kendali kemudi yang lebih nyaman bagi pengemudi terutama jika menempuh perjalanan jauh.

Ciri khas lain pada bagian bodi eksterior RX King Cobra adalah pada bentuk box mesin yang cenderung kotak seperti layaknya motor jaman dulu. Bentuk box mesin seperti ini hanya ada pada King Cobra dan generasi RX King yang lebih baru tidak memiliki desain yang serupa.

Lalu bagaimana tampilan RX King generasi berikutnya? Masing-masing generasi mempunyai ciri khas fisik yang berbeda dan inilah yang membuatnya lebih istimewa. Pada generasi RX King Master misalnya yang menjadi generasi lanjutan King Cobra, tampil dengan box mesin yang cenderung bulat dan bukan kotak seperti yang ada pada King Cobra. Varian ini mulai diproduksi pada tahun 1995 hingga akhir tahun 2000. Pada tahun 1995 hingga 1996, motor RX King Master sempat tampil dengan teknologi Yamaha Computerized Lubrication System atau YCLS. Namun pada tahun 1998 teknologi tersebut tidak lagi digunakan karena listrik dari aki dianggap terlalu beresiko dan berbahaya. Pada generasi ini, bentuk stang RX King juga tidak lagi semirip leher Cobra melainkan sedikit lebih rendah dan tidak terlalu melengkung seperti stang RX King Cobra.

Generasi yang berikutnya adalah RX King versi Facelift alias versi dengan banyak perombakan. Bodi eksterior pun tidak luput dari facelift. Hal ini terlihat dari tampilan headlamp yang berbentuk oval dan bukan bulat seperti pada King Cobra dan King master. Tidak hanya itu, generasi ini juga menampulkan caliper depan 2 piston. Secara keseluruhan, tampilan generasi ini lebih modern.

Generasi yang terakhir sebelum Yamaha menghentikan produksi RX King dikenal dengan Yamaha New RX King. Sebutan ini bukan tanpa sebab tapi karena memang motor ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk tampil memuaskan meskipun akhirnya produksinya tidak dilanjutkan karena sistem pembuangan bahan bakar yang menyalahi aturan. Bodi eksterior dari New RX-King sangat modern dibanding generasi sebelumnya. Pada bagian depan terdapat headlamp bulat dengan sentuhan modern. Selain itu, generasi ini juga tampil dengan jenis knalpot terbaru yang dilengkapi dengan unit catalytic converter.

Perbedaan RX King dengan RX King Cobra: Spesifikasi Mesin

Perbedaan King dan King Cobra juga terdapat pada spesifikasi mesin meskipun pada kenyataannya perbedaan tersebut tidak signifikan. Justru karena King Cobra merupakan generasi awal RX King maka spesifikasi mesin kurang canggih dibandingkan RX King generasi yang lebih muda. Berikut adalah detail spesifikasinya.

King Cobra menampilkan mesin 2 tak lengkap dengan sistem pendingin udara dan volume 1 silinder miring bervolume sebesar 132 cc. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal mencapai 18.5 tenaga kuda dan torsi maksimal sebesar 1.54 Kgf. Perbandingan kompresi dari mesin ini adalah 6:9:1. Unit kopling yang digunakan adalah kopling manual basah dengan multiplat. Mesin ini dilengkapi dengan transmisi manual dengan 5 percepatan.

Untuk bagian karburator, yang digunakan adalah karbuartor MIKUNI VM 26×1. King Cobra memilih untuk menggunakan CDI sebagai sistem pengapiran dan Autolube untuk sistem pelumas. Berlanjut ke bagian suspensi King Cobra. Bagian suspensi depan berjenis teleskopik sedangkan suspensi belakang adalah swing arm. Mesin Cobra dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas maksimal 9.5 liter. Tipe rangka dari mesin ini adalah double cradle. Yamaha memilih untuk menyematkan sistem cakram double piston untuk rem depan dan tromol untuk rem belakang sebagaimana layaknya motor-motor yang lain.

Nah, lalu bagaimana dengan spesifikasi mesin RX King? Sebagai generasi yang lebih muda tentu tidak heran jika mesin RX King biasa terutama RX King generasi terakhir punya mesin dengan spesifikasi yang setingkat lebih bagus meskipun tidak terlalu banyak berbeda. RX King biasa masih menggunakan mesin 2 tak dengan kapasitas 132 cc dan dilengkapi dengan sistem pendingin udara. Perbandingan kompresinya pun juga sama yakni 6:9:1 begitu halnya dengan daya maksimal yang dihasilkan yakni 18.5 tenaga dengan torsi maksimal mencapai 1.54 kgf. Mesin ini juga disertai dengan transmisi manual 5 percepatan dan karburator VM 26 MIKUNI.

Untuk kapasitas tangki bahan bakar juga sama yanki 9.5 liter dan kapasitas oli samping sebesar 1 liter. Yang membedakan adalah sistem kontrol emisi yakni Air Induction System atau AIS yang tidak lain berfungsi untuk mengurangi gas buang atau emisi mesin 2 tak ini karena pemerintah kala itu mulai ketat melarang motor 2 tak untuk beroperasi di wilayah perkotaan. Yang juga berbeda adalah sistem pengereman depan yang menggunakan rem cakram tunggal diserta piston ganda. Namun rem belakang masih tetap sama yakni menggunakan rem bertipe tromol.

Khusus untuk King Cobra meskipun merupakan generasi paling awal sehingga punya umur yang paling tua, namun hal tersebut tidak mempengaruhi daya jual motor lawas ini. Bahkan beberapa RX King Cobra dengan performa handal dan tampilan yang menarik dapat dijual dengan harga puluhan juta. Nah, sudahkah Anda menentukan pilihan setelah menyimak lebih lanjut tentang perbedaan RX King dengan RX King Cobra?