0812-2799-1111
Select Page

Motor RX King Cobra merupakan satu dari tiga generasi motor RX King yang pernah menjadi legenda di tanah air. Kehadiran motor RX King besutan pabrik Jepang Yamaha bukan sesuatu yang baru lagi bagi pecinta kendaraan bermotor di tanah air. Bahkan meskipun motor ini sudah tidak diproduksi lagi sejak  tahun 2009, namun masih banyak penggemar motor RX King yang bahkan rela mengeluarkan uang puluhan juta untuk membeli motor RX King bekas. Untuk motor RX King yang masih dalam kondisi bagus rata-rata dijual dengan harga yang cukup fantastis untuk ukuran motor bekas.

Hal ini tentu berbeda dengan motor-motor bekas lain yang biasanya mempunyai harga jual kembali yang jauh lebih rendah. Bukan tanpa alasan motor RX King masih dianggap jadi raja motor 2 tak tetapi karena motor ini memang punya berbagai fitur dan kelebihan yang tiada duanya termasuk performa mesin yang handal dan desain yang autentik.

Desain Bodi RX King Cobra

Nah, dari tiga generasi motor RX King yang hadir di pasar tanah air. RX King Cobra dikenal sebagai generasi yang paling populer dengan jumlah penjualan yang paling banyak. King Cobra cukup mudah untuk dikenali dan dibedakan dari motor RX King generasi lainnya. Motor ini dinamakan Cobra karena model stangnya yang menyerupai leher ular kobra. Model Kobra ini diproduksi oleh Yamaha selama sekitar 8 tahun sejak tahun 1983 hingga tahun 1991. King Cobra diproduksi dengan kode blok mesin yang berbeda yakni Y1 dan Y1.

Yang menjadi salah satu alasan Yamaha King Cobra dikenal punya performa mesin yang paling handal dibanding model-model yang lain adalah karena mesin motor ini diimpor langsung dari Jepang. Sedangkan untuk rangka dan bodi dirakit dan dibuat di Indonesia. Untuk generasi selanjutnya dari RX King adalah King Master yang diproduksi sejak tahun 1992 hingga 2001 menggantikan Kimg Cobra. Secara umum, desain bodi King Master tidak berbeda dengan King Cobra. Hanya terdapat beberapa perbedaan minor diantaranya adalah letak footstep yang berubah posisi dan menempel di swing arm.

Sedangkan generasi terakhir RX King adalah New King yang mulai diproduksi pada tahun 2002 hingga tahun 2009. Generasi ini berbeda dari generasi sebelumnya yang dikenal dengan knalpot yang bising dan mengeluarkan banyak asap. King Master tampil dengan mesin yang sudah memenuhi standar EURO sehingga motor ini tidak lagi mengeluarkan asap sebanyak model-model sebelumnya. Bodi motor New King juga lebih modern dengan lampu bulat sehingga secara keseluruhan tampilannya mirip dengan Yamaha Vixion seri lama.

Spesifikasi Mesin RX King Cobra

 

[img type=”squre” responsive=”true”]rx-king-kobra[/img]

Sejak awal kemunculannya, motor King Cobra langsung jadi idola dan menjadi sepeda motor 2 tak paling diminati dengan tingkat penjualan yang fantastis. Dibandingkan dengan motor-motor di jamannya, King Cobra mempunyai performa mesin, kecepatan dan akselerasi yang paling bagus. Bahkan saking bagusnya performa mesin motor ini, banyak pelaku kejahatan yang memilih menggunakan motor ini ketika melancarkan aksi jahatnya. Alasannya sederhana agar pelaku dapat melarikan diri lebih cepat dan tidak dapat dikejar oleh polisi. Maka tidak heran jika kala itu, motor King kerap disebut sebagai motornya jambret.

Namun jaman telah berubah dan popularitas RX King tetap tidak surut. Bahkan, motor ini sekarang sudah dikategorikan sebagai motor klasik yang dibanderol dengan harga yang tinggi. Masih berkutat soal performanya, ketangguhan motor ini tentu karena ada mesin yang handal dan tangguh.

Sebenarnya, Yamaha RX King Cobra merupakan penyempurnaan dari Yamaha RX-K135 yang hadir tahun 1981 (Baca RX King Vs RX S). Hanya saja King Cobra tampil dengan beberapa penambahan spesifikasi mesin yakni YEIS atau Yamaha Energy Induction System. YEIS adalah sistem khusus yang dirancang oleh Yamaha untuk mendukung konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Hasilnya memuaskan sebab King Cobra dapat membakar bahan bakar 15% lebih irit jika dibandingkan dengan model sebelumnya. Mesin Cobra juga dilengkapi dengan sistem khusus lain yakni Computerized Lubrication System yang dapat membuat mesin motor ini mampu menghasilkan tenaga hingga 5000 rpm.

Motor RX King Cobra dipersenjatai dengan mesin 2 tak yang memiliki kapasitas 132 cc disertai dengan sistem pendingin udara. Mesin ini mempunyai perbandingan kompresi yakni 6:9:1 dengan silinder berdiameter 58.0 disertai dengan stroke yang berukuran 50mm. Mesin ini tampil dengan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan untuk koplinya adalah tipe kopling manual basah yang dilengkapi dengan multiplat. Untuk bagian pengatur bahan bakar yang digunakan adalah Mikuni VM 26. Bagian pengapian mesin RX King juga sudah dilengkapi dengan AC-CDI.

Spesifikasi mesin tersebut membuat RX King mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 18.5 tenaga kuda dengan torsi puncak sebesar 1.54 KGF. Dimensi bodi RX King Cobra tidak terlalu berbeda dengan motor 2 tak yang lain yakni dengan tinggi 1065 mm, lebar 735 mm dan jarak sumbu roda 1245 mm. Kapasitas tangki bahan bakar yang disematkan pada motor ini adalah 9.5 liter. Dan, yang fantastis adalah berat kosongnya yang terbilang ringan yakni hanya 100 kilo saja.

Lebih lanjut lagi, shock depan motor ini tampil dengan garpu teleskopik sedangkan untuk shock belakang yang dipilih adalah double shock breaker yang dirancang khusus untuk menopang swing arm. Roda ban King Cobra berdiameter 18 inci dan dilengkapi dengan sistem pengereman cakram yang mempunyai caliper 2 piston. Dan untuk rem belakang yang digunakan adalah rem tromol.

Modifikasi RX King Cobra

Seperti halnya motor RX King lainnya. RX King Cobra juga identik dengan modifikasi. Berbagai modifikasi telah dilakukan oleh banyak pemilik King Cobra. Tidak jarang modifikasi yang dilakukan membuat motor ini tampil sangat beda dan unik. Maka tidak heran jika King Cobra yang sudah dimodifikasi dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Modifikasi bisa berbagai macam mulai dari yang sederhana hingga rumit. Modifikasi sederhana misalnya adalah merubah kaki-kaki motor, mengganti swing arm, mengganti ban dengan yang lebih besar, mengganti shock belakang, lampu depan, dan juga meninggikan stang. Selain itu, pemilik King Cobra juga kerap mengganti cat bodi dan memperbarui rangka motornya. Terkait perubahan tampilan bodi eksterior dengan cat, terdapat beberapa teknik yang kerap dilakukan termasuk teknik airbrush yang baru-baru ini paling diminati. Dengan modal cat murah, airbrush mampu memberikan tampilan yang sangat berbeda bagi motor Cobra.

Beberapa modifikasi RX King Cobra lain untuk memperbarui performa mesinnya adalah dengan melakukan pembesaran karburator, permainan rasio, porting dan juga merubah jenis knalpot. Dengan berbagai modifikasi tersebut, sangat mungkin bagi motor ini untuk menampilkan performa yang lebih tangguh. Bahkan, motor King yang berusia belasan tahun pun masih tangguh menempuh jarak jauh.